Gambar Satu Dimensi

Diagram dengan orang kecil yang mewakili satu juta orang, sekantong atau setumpuk uang logam untuk menggambarkan seribu atau semilyar dollar disebut grafik gambar. Grafik ini sungguh bermanfaat. Dia memiliki daya tarik, sehingga berpotensi menjadi pembohong yang sukses, pintar bicara, dan berkelit

Bapak diagram gambar adalah diagram batang biasa, yakni saran yang mudah dan populer untuk menggambarkan perbandingan kuantitasdua hal atau lebih. Diagram batang juga bisa mengelabuhi, coba perhatikan jika lebar atau tinggi batang berubah manakala menampilkan satu faktor atau jika gambar itu menggambarkan benda – benda tiga dimensi yang volumenya tidak mudah dibandingkan. Diagaram batang yang dipangkas memiliki, dan memang pantas, memiliki teputasi yang sama dengan grafik garis yang di pangkas. Habitat diagram batang adalah buku geografi, laporan batang usaha, dan majalah berita. Hal yang sama terjadi juga pada turunannya.

Newsweek pernah menunjukkan bagaimana “Orang di Amerika menjadi lebih tua ” dengan bagan yang menampilkan dua kaki lelaki. Satu orang menggambarkan harapan hidup manusia dewasa ini yang mencapai 68,2 tahun. Orang kedua mewakili harapan hidup manusia pada tahun 1879 – 1889 yang mencapai 34 tahun. Ini adalah cerita lama yang berulang; batang yang satu dua kali setinggi yang lain sehingga beratnya menjadi delapan kali. Gambar itu memberi sensasi pada fakta agar cerita menjadi lebih baik. Dalam nomer yang sama majalah tersebut juga memuat grafik garis yang sudah dipangkas – pangkas dan sensasional.

Masih ada jenis bahaya lain jika kita membedakan ukuran benda pada bagan. Menggambar dua ekor lembu, yang satu tiga kali lebih tinggi dari yang lain, untuk menunjukkan kenaikan tersebut hanya akan menibulkan kesan yang berlebihan dengan cara yang telah kita bicarakan. Tetapi efek gambar itu terhadap orang yang hanya melihat sekilas bisa lebih aneh lagi. Orang itu mungkin akan membawa kesan sapi sekarang lebih besar dari pada sapi dulu.

Referensi : Huff Darrel, 2002, Berbohong dengan Statistik, Jakarta, Kepustakaan Populer Gramedia

Explore posts in the same categories: Statistik

Tag: , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: