Manajemen Pemasaran (Marketing Management)

Istilah marketing oleh orang awam seringkali diindentikkan dengan penjualan barang atau jasa. Definisi resmi marketing yang dikemukakan oleh The American Marketing Association adalah sebagai berikut: “marketing dapat diartikan sebagai pelaksanaan aktifitas dunia usaha yang mengarahkan arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai”.
Definisi lain marketing dikemukakan oleh Cundiff (1973), marketing adalah proses manajerial, melalui apa, produk disesuaikan dengan pasar dan dipengaruhi pengalihan hak milik. Menurut Nair (1968), marketing adalah penciptaan dan penyediaan suatu standar kehidupan. Sedangkan Howard (1973) mengemukakan marketing adalah proses yang meliputi:
1. Mengidentifikasi keputusan konsumen
2. Mengkonseptualisasi kebutuhan tersebut dihubungkan dengan kapasitas sebuah organisasi untuk memproduksi
3. Mengkomunikasikan konseptualisasi tersebut kepada pusat kekuatan yang ada pada organisasi yang bersangkutan
4. Mengkonseptualisasi output yang dihasilkan, sehubungan dengan kebutuhan konsumen yang telah diidentifikasi sebelumnya
5. Mengkomunikasikan konseptualisasi tersebut kepada pihak konsumen
Manajemen pemasaran adalah analisis perencanaan, implementasi dan pengawasan program yang dirancang dengan tujuan untuk menimbulkan pertukaran yang diinginkan dengan pasar yang menjadi tujuan, guna mencapai sasaran organisatorik.
Definisi manajemen pemasaran menurut John Howard adalah proses pengambilan keputusan, perencanaan, pengawasan aspek-aspek pemasaran sesuatu perusahaan sehubungan dengan konsep pemasaran, di dalam system pemasaran.
Dalam manajemen pemasaran, terdapat faktor-faktor yang dapat dikendalikan dan tidak data dikendalikan. Faktor yang dapat dikendalikan adalah:
1. Perubahan pada produk atau service
2. Pemilihan dan manajemen saluran pemasaran untuk mendistribusi produk yang dihasilkan
3. Penetapan harga
4. Penyusunan dan pengalokasian budget promosional untuk kegiatan periklanan dan penjualan
Sementara, faktor-faktor yang tidak dapat dikendalikan (uncontrollable features) adalah:
1. Permintaan
2. Persaingan
3. Biaya di luar bidang pemasaran
4. Struktur distribusi
5. Kebijaksanaan pemerintah
6. Organisasi perusahaan

Winardi, Prof. Dr., S.E. 1991. Marketing dan Perilaku Konsumen. Bandung: Penerbit Mandar Maju.

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: