Menjadi Individu Yang Diinginkan Tim: BERKOMITMEN

Banyak orang cenderung menghubungkan komitmen dengan perasaan mereka. Kalau perasaan mereka pas, maka mereka dapat menindaklanjuti komitmen mereka. Tetapi komitmen sejati tidaklah seperti itu. Komitmen bukanlah perasaan, komitmen adalah kualitas karakter yang memungkinkan kita mencapai sasaran-sasaran kita. Perasaan manusia selalu naik turun, tetapi komitmen itu harus semantap batu karang. Kalau Anda menginginkan tim yang mantap, Anda harus memiliki pemain-pemain tim yang secara mantap berkomitmen terhadap tim.

Ada hal-hal tertentu yang perlu diketahui setiap pemain tentang berkomitmen:
1. Biasanya komitmen ditemukan di tengah-tengah kesusahan
Orang tidak benar-benar mengetahui apakah mereka berkomitmen terhadap sesuatu hingga mereka dihadapkan dengan kesusahan. Kesusahan mendorong komitmen, dan komitmen mendorong kerja keras. Semakin Anda mengupayakan sesuatu semakin kecil kemungkinannya Anda menyerah. Orang-orang yang berkomitmen tidak mudah menyerah.

2. Komitmen tidak tergantung pada bakat atau kemampuan
Kita tidak membutuhkan kekuatan atau kemampuan lebih besar atau peluang lebih besar. Yang perlu kita gunakan adalah apa yang kita miliki (Basil Walsh). Kalau kita mau berkomitmen untuk menggunakan bakat yang kita miliki, kita akan menemukan bahwa kita lebih berbakat dan lebih berharga bagi tim berkat komitmen kita.

3. Komitmen timbul karena pilihan, bukan kondisi
Terlalu banyak orang berpikir bahwa kondisilah yang menentukan pilihan. Lebih sering, pilihanlah yang menentukan kondisi. Ketika Anda memilih komitmen, Anda berikan diri sendiri peluang untuk meraih sukses.

4. Komitmen bersifat kekal ketika didasarkan pada nilai-nilai
Setiap kali Anda membuat pilihan-pilihan yang didasarkan pada nilai-nilai kehidupan yang mantap, Anda berada dalam posisi yang lebih baik untuk mempertahankan tingkat komitmen Anda.

Maxwell, John C. 2003. The 17 Essential Qualities of A Team Player. Alih bahasa: Drs. Arvin Saputra. Batam: Interaksara.

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: