Riset Ilmiah dan Metodologi Riset

Kamus Webster mengartikan riset sebagai suatu kata kerja yang mempunyai arti memeriksa atau mencari kembali. Selanjutnya, Ndraha mengartikan riset sebagai suatu pemeriksaan atau pengujian yang teliti dan kritis dalam mencari fakta. Peneliti lain mengartikan riset sebagai suatu prinsip-prinsip penyelidikan yang tekun guna memastikan suatu hal. Natsir mendefinisikan riset lebih jelas yaitu: “Suatu usaha untuk menemukan suatu hal menurut metode yang ilmiah. Sehingga riset memiliki tiga unsure penting, yaitu sasaran, usaha untuk mencapai sasaran serta metode ilmiah”.

Metodologi riset dalam kamus Webster mempunyai dua pengertian. Yang pertama adalah mengenai ilmu tentang metode riset dan yang kedua berarti suatu tahapan penelitian yang perlu dilakukan oleh seorang peneliti.

Kriteria riset ilmiah:
1. Berdasarkan pada fakta, maksudnya berdasarkan fakta yang nyata bukan kira-kira, legenda-legenda dan semacamnya.

2. Bebas dari prasangka, maksudnya bebas dari sudut pandang yang subyektif tetapi benar-benar berdasarkan alasan dan bukti yang lengkap dengan pembuktian yang obyektif.

3. Menggunakan analisis, maksudnya masalah harus dicari sebab-sebabnya serta pemecahannya dengan menggunakan analisis yang logis

4. Menggunakan hipotesis (jika perlu), sebenarnya hipotesis ini berguna dalam hal membantu peneliti dalam hal menuntun jalan pikirannya untuk mencapai hasil penelitiannya.

5. Menggunakan ukuran yang obyektif, maksudnya selama melakukan proses penelitian tahapan-tahapan hasil yang dicapai dapat diukur dengan alat ukur yang obyektif

6. Menggunakan teknik kuantifikasi, maksudnya dalam pemakaian data yang masih dapat dikuantifikasikan harus dilakukan pengkuantifikasian itu. Jauhi ukuran-ukuran seperti sejauh mata memandang, menurut hati nurani dan sebagaiknya.

Umar, Husein. 2002. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: