Konsultasi Skripsi Valid Consulting berbagi informasi tentang LANGKAH-LANGKAH RISET PEMASARAN

Dalam melakukan riset ilmiah, peneliti perlu melakukannya melalui tahapan (metodologi) proses yang jelas. Banyak usulan para pakar tentang langkah penelitian, tetapi walaupun tahapan yang diusulkan tidak sama tetapi secara umum sama saja. Berikut ini langkah riset bisnis pada umumnya dan riset pemasaran pada khususnya.
1. Pendefinisian dan Perumusan Masalah
Hal-hal yang dapat dipermasalahkan dalam penelitian pendefinisiannya harus jelas baik keluasannya maupun kedalamannya. Yang dipermasalahkan biasanya berupa masalah yang diartikan sebagai suatu situasi dimana suatu fakta yang terjadi sudah menyimpang dari batas-batas toleransi dari sesuatu yang diharapkan. Selain masalah, juga peluang yaitu suatu kondisi eksternal yang menguntungkan jika dapat diraih dengan usaha-usaha tertentu. Peluang ini dapat menjadi masalah yaitu menjadi suatu ancaman bila peluang itu dimanfaatkan oleh pesaing.
2. Perumusan Hipotesis
Setiap penelitian terhadap suatu obyek hendaknya di bawah tuntunan suatu hipotesis yang berfungsi sebagai pegangan sementara atau jawaban sementara yang masih harus dibuktikan kebenarannya di dalam kenyataan, percobaan ataupun dalam prakteknya.
3. Penentuan Metode dan Disain Riset
Untuk mengimplementasikan proses penelitian yang ilmiah, harus menggunakan suatu metode. Jika suatu metode sudah diterapkan, maka tahap selanjutnya dapat menentukan disain penelitian. Berdasarkan metode dan disain penelitian ini, dilakukan proses-proses berikutnya.
4. Penentuan Variabel, Data dan Sumber Data
Model menurut Hornby diartikan sebagai contoh yang mengandung unsure yang bersifat menyederhanakan untuk ditiru. Dengan model ini kita dapat membayangkan kemungkinan-kemungkinannya setelah mengetahui data serta asumsi-asumsinya sehingga keadaan menjadi jelas dan kemungkinan apa yang dapat terjadi juga dapat dibayangkan.
5. Pengumpulan Data
Apabila telah ditentukan data apa yang diperlukan, dari mana data tersebut didapat, dengan cara apa data didapat, maka peneliti dapat melakukan pengumpulan data. Pekerjaan pengumpulan data ini bukan pekerjaan yang mudah karenanya jika data yang didapat adalah data yang tidak benar maka hasil penelitianpun menjadi salah.
6. Pengolahan Data
Setelah data dikumpulkan, selanjutnya data diolah sehingga dapat menyajikan informasi yang lebih mudah untuk diintepretasikan dan dianalisis lebih lanjut, seperti misalnya dalam bentuk tabel, grafik dan nilai statistik.
7. Penganalisisan dan Penginterpretasian Hasil Olahan
Selanjutnya informasi hasil olahan di atas dianalisis lebih lanjut dengna menggunakan alat-alat analisis yang sesuai dengan tujuan riset agar dapat menghasilkan kajian yang cukup tajam, mendalam dan luas.
8. Pembuatan Kesimpulan dan Saran
Setelah melakukan analisis dan interpretasi, selanjutnya peneliti membuat kesimpulan dari penemuannya berdasarkan batasan-batasan penelitian yang ada serta membuat kesimpulan sesuai dengna hipotesis yang diajukan. Selanjutnya saran perlu disajikan oleh karena penelitian yang dibuat memiliki keterbatasan-keterbatasan ataupun asumsi-asumsi.
9. Membuat Laporan
Laporan penelitian mempunyai dua macam, disesuaikan dengan tujuannya, yaitu:
a. Proposal Penelitian, yaitu berupa laporan ringkas, padat dan menyeluruh mengenai hal-hal penting apa saja yang perlu diketahui oleh pihak-pihak yang berkepentingan mengenai rencana penelitian. Laporan ini dibuat sebelum penelitian dilakukan
b. Laporan Penelitian, bahwa seluruh pekerjaan penelitian pada akhirnya harus dibuat dalam sebuah laporan tertulis yang teknik penulisannya walaupun tidak ada standar baku akan tetapi secara umum dapat dianggap sama. Di perguruan tinggi, untuk program sarjana S1 laporan riset ini disebut skripsi, untuk program pascasarjana S2 disebut tesis dan program doctoral S3 disebut disertasi.

Umar, Husein. 2002. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: