Konseling Metodologi Penelitian oleh Konsultasi Skripsi Valid Consulting

Esensi kerja yang senyatanya dilakukan dari suatu kerja penelitian tidak lebih daripada mencari dan mengolah data. Pencarian dan pengolahan data ini mengacu pada tujuan penelitian. Ada dua cara utama dalam pengolahan data, yaitu pengolahan data secara kuantitatif dan secara kualitatif. Kedua analisis tersebut dikenal sebagai analisis data kuantitatif (quantitative data analysis) dan analisis data kualitatif (qualitative data analysis) atau sering disingkat analisis kualitatif (Nurgiyantoro, 2002).

Dalam suatu penelitian dibutuhkan suatu metodologi atau cara untuk melaksanakan penelitian dan mencapai tujuan penelitian yang telah ditentukan. Metodologi penelitian adalah sekumpulan peraturan, kegiatan, dan prosedur yang digunakan oleh pelaku suatu disiplin ilmu. Penentuan metodologi peneltian harus disesuaikan dengan tujuan penelitian, kondisi data penelitian dan yang tidak kalah penting metodologi yang ditentukan harus sesuai dengan kapasitas dan kemampuan peneliti. Karena sejatinya tujuan dari metodologi penelitian adalah untuk mempermudah penelitian, bukan malah memberatkan.

Mengingat pentingnya metodologi dalam suatu penelitian, Valid Consulting memberikan porsi cukup besar untuk memberikan konseling tentang metodologi penelitian sesuai bidang keilmuan masing-masing, tentu saja dengan tidak mengabaikan konten keilmuan pada bidang tersebut.

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: