Teknik Pengumpulan Data

Data adalah salah satu komponen riset, artinya tanpa data tidak aka nada riset. Data akan dipakai dalam riset haruslah data yang benar, karena data yang salah akan menghasilkan informasi yang salah.

Dalam penelitian ilmiah, ada beberapa teknik pengumpulan data beserta perangkat pengumpul datanya masing-masing. Berikut adalah jenis-jenis teknik pengumpulan data.

1. Angket (Kuesioner)
Teknik yang menggunakan angket (kuesioner) adalah suatu cara pengumpulan data dengan memberikan atau menyebarkan daftar pertanyaan kepada responden, dengan harapan mereka akan memberikan respon atas daftar pertanyaan tersebut. Daftar pertanyaan dapat bersifat terbuka, jika jawaban tidak ditentukan sebelumnya, sedangkan bersifat tertutup jika alternative-alternatif jawaban telah disediakan. Instrumen berupa lembar daftar pertanyaan dapat berupa angket (kuesioner), checklist ataupun skala.

2. Wawancara
Wawancara adalah salah satu teknik pengumpulan data. Pelaksanaannya dapat dilakukan secara langsung berhadapan dengan yang diwawancarai, dapat juga secara tidak langsung seperti memberikan daftar pertanyaan untu dijawab pada kesempatan ini. Instrumen yang digunakan dapat berupa pedoman wawancara maupun checklist.

3. Observasi
Teknik ini menuntut adanya pengamatan dari si peneliti baik secara langsung ataupun tidak langsung terhadap obyek penelitiannya. Instrumen yang dipakai dapat berupa lembar pengamatan, panduan pengamatan dan lainnya.

4. Tes
Untuk mengumpulkan data yang sifatnya mengevaluasi hasil proses atau untuk mendapatkan kondisi awal sebelum proses (pre-test dan post-test), teknik ini dapat dipakai. Instrumennya dapat berupa soal-soal ujian atau soal-soal tes.

Keempat jenis teknik pengumpulan data di atas dimaksudkan untuk mengumpulkan data primer, sedangkan untuk mengumpulkan data sekunder, akan berbeda. Pada data sekunder, bentuk penyajian data biasanya telah disusun sedemikian rupa oleh pihak pertama.

Umar, Husein. 2002. Riset Pemasaran dan Perilaku. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: